Apa itu Operasi By Pass Jantung, dan Pemasangan Ring pada jantung??

Posted: September 11, 2012 in Kesehatan, Healthy
Tags: , , ,

Jujur, tulisan ini saya Copy Paste dari blog milik Kei (Link Blog terdapat di bagian bawah tulisan ini). Asal muasal saya tertarik dengan By Pass jantung karena mendengar percakapanPaman-paman saya yang bekerja di Rumah Sakit :) Jadi sedikit Corious dengan By Pass jantung, kemudian Googling dan berikut uraian mengenai apa itu by pass jantung dan pemasangan ring pada pembuluh darah :

Saya membuat post ini dari hasil mengkopi penjelasan dari Dr. Fuad Jindan, beliau sebagai Konsultan Ahli Bedah Jantung, Heart Centre NRW, Bad Oeynhausen, Germany yang menjelaskan :

Penyakit Jantung koroner pada umumnya baru di indikasikan utk Operasi ByPass apabila ada penyumbatan lebih dari 50 % di lebih dari 2 atau 3 pembuluh darah di Jantung.
Operasi Jantung lebih di tentukan keberhasilannya dan prognosenya apabila fungsi jantungnya masih di atas normal atau sedikit di bawah normal yang dapat diketahui lewat pemeriksaan Echokardiographie atau kateterisasi Jantung sekitar lebih 55 %. Apabila di bawah 35 %, sangat besar resikonya untuk operasi Jantung.

Operasi Jantung / Bypass bila di lakukan dengan mengambil material utk pembuluh darah pengganti dari arteri yang terdapat di tangan ( a. Radialis ) dan di bwh dinding dada ( a. Thoracica ) dapat bertahan selama 20 – 25 tahun bebas serangan Jantung Koroner. Apabila pembuluh darah pengganti di ambil dari kaki, dapat bertahan sekitar 10 – 15 tahun bebas serangan jantung koroner pasca Operasi ByPass.

Tetapi semuanya tergantung dengan pencegahan terhadap hal-hal yang menyebabkan penyumbatan terjadi seperti penyakit DM (Diabetes Melitus) -nya hrs di terapi, obat-obat pengencer darah rutin di minum PASCA OPERASI, dan kolesterol dijaga jangan sampai di atas normal.

Sedangkan Stent atau Ring ( di balon dulu setelah itu di pasang ring ) atau Balon ( hanya di kembangkan tanpa memasang ring ), hanya mempunyai waktu 5-7 thn bebas penyumbatan pasca dilakukan operasinya, setelah itu secara natur (alami) akan terbentuk lagi penyumbatan dan akan ada (kemungkinan) serangan jantung koroner lagi utk Stent, untuk Balon hanya 2- 3 tahun bebas serangan, setelah itu akan terbentuk lagi sumbatannya.

Biaya untuk Balon termasuk murah, sedangkan Stent tergantung dari kualitas Stent-nya, Stent yang bagus dapat bertahan sampai 7 tahun bebas serangan, harga satu Stent sekitar 45 – 75 juta rupiah blm termasuk biaya kateternya, dokternya dan perawatan 1-2 hari di RSnya. Jadi bisa membutuhkan biaya sekitar 150 – 250 juta bila 2 atau 3 atau lebih penyumbatan yg ada dan membutuhkan Stent lebih dari 3 buah.

Pemasangan Stent juga ada resikonya, bila pada saat di lakukan kateter dan pelebaran pembuluh darah jantung dengan balon untuk dapat meletakkan Stent / ringnya itu pecah karena penyumbatan yang keras, harus secepatnya (emergency) dilakukan operasi Jantung ByPass untuk dapat menyelamatkan jiwa pasien.

Operasi ByPass sekali dilakukan dapat melakukan 2, atau 3, atau 5 bypass sekaligus dalam waktu 3-4 jam total waktu operasi. Biayanya sekitar 150- 200 juta rupiah paket operasi dan perawatan selama 7 – 10 hr. Operasi dapat dilakukan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta atau di Siloam Hospitals ( kolega saya dari Bedah Jantung Royman Simanjuntak ), tidak harus ke Malaysia atau Singapura.

Pasca Operasi Jantung dibutuhkan waktu sekitar 1- 2 bulan pemulihan terhadap pola makan, pendidikan pencegahan terhadap kegemukan dan kolesterol, olahraga dan aktivitas-aktivitas yang boleh dilakukan selama fase tersebut. Setelah itu pasien dapat melakukan semua aktivitas sehari tanpa ada batasan yang dilarang, hanya saja masih di dalam batas-batas normal.

Segala bentuk penyakit penyerta seperti Drh Tinggi, DM, Kolesterol, tidak menjadi faktor yang membahayakan untuk operasi jantung selama fungsi jantung masih bagus, termasuk juga usia. Tetapi usia di atas 70 tahun apabila organ-organ yang lain masih baik seperti ginjal, hati dan pencernaan serta tidak ada riwayat stroke maka TIDAK ADA RESIKO UNTUK DILAKUKAN OPERASI JANTUNG.

Jantung adalah motor penggerak yang ada di dalam tubuh manusia seperti pada mobil dan motor roda dua. Jadi peliharalah, berikan perawatan yang baik terhadap motor tersebut, agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal jangan menunggu motor tersebut rusak dan tidak berfungsi.

Semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat yang baik utk para pembaca dan peminat blog ini.

Dr. Fuad Jindan
Consultan Ahli Bedah Jantung
Heart Centre NRW, Bad Oeynhausen
Germany.
_______________________________________________

Ditambah ada pernyataan dr. Anis  yang mengatakan :

Komentar Dr. H. Soesilo Wibowo, Sp.Jantung dan Pembuluh darah, pada halaman 108 dan 109 di buku berjudul “Pengalamanku berhasil dengan pengobatan alternatif” dari Penerbit Majalah Nirmala, Jakarta, tahun 2001 :
“Kelebihan (terapi) KHELASI dibandingkan dengan operasi, balon, dsb, (adalah) lebih murah karena tanpa operasi. Bahayanya hampir tidak ada bila ditangani dengan betul, baik dari dosis, waktu, maupun cara pemberiannya dan tidak boleh diberikan cepat-cepat.” Untuk lebih jelas, Silahkan kontak di klinik SMC 021-8504931.
_______________________________________________

Rumah sakit alternatif yang bisa dijadikan pilihan selain yang sudah disebutkan di atas bisa juga ke :

  • RS Adventish Penang, Malaysia dengan Dr. Teh Aink Seng,
  • RS Mahkota Medical Centre, Malaka (Malaysia) oleh Dr. Lim Boon Aik,
  • Rumah Sakit HSC  Kuala Lumpur, Malaysia,
  • Singapore General Hospital oleh Dr. Liem Swie Liem.

_______________________________________________

Sebagai catatan : biaya operasi jantung dengan ASKES di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita GRATIS…. umumnya ada tambahan obat Non Askes sekitar 1,5 jt – 5 juta-an.
Untuk biaya normal pasang ring sekitar 25jt/ring, sementara untuk by pass 55-75 juta rupiah.

Terima kasih sebelumnya kepada Bapak Progoharbowo yang sudah memposting tulisan sebelumnya sehingga saya tidak sengaja menemukan dan membacanya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam,

kei

(Ditulis pada 11 Juni 2011 . Isi tulisan sama sekali tidak ada perubahan)

Berikut linknya : http://keishinta.wordpress.com/2011/06/11/jantung-koroner-katerisasi-ring-stent-dan-bypass/

Comments
  1. anyta mega syntia says:

    Bp saya 52th pada awalnya punya penyakit stroke di kaki kiri dan tangan kiri,
    Pasca operasi bypass telapak kaki kiri terasa nyeri tak terhingga sakitnya 24jam otomatis ga tidur juga sudah sebulan lebih (perih,nyeri,terasa panas) udah ke dokter yang megang operasi dikasih obat ga ada hasilnya,ke dokter saraf 2x dikasih obat,hasil nihil,sampe sekarang,,,,mohon bantuannya

  2. Ria Maharani says:

    pengobatan alternatif pada penyakit jantung itu gmn caranya? tolong kasi refferensinya donk untuk yg alternatif.thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s