File Sistem Linux

Posted: May 1, 2011 in Linux
Tags:

File Sistem Linux

     File sistem adalah kumpulan file-file pada suatu media penyimpanan dan mekanisme file-file tersebut diorganisasikan. Secara sederhana file merupakan entitas/dokumen yang disimpan pada media penyimpanan, Tiap-tiap file memilikin informasi tertentu untuk membedakan antara dokumen satu dengan yang lainnya, misalnya nama file, ukuran, attribute, dan sebagainya.

Jenis File Pada Linux

   Sistem operasi lainnya pada umumnya juga memiliki tiga golongan file berikut ini :

  • User Data,
    Yang termasuk golongan ini yaitu file-file yang umumnya diciptakan oleh user untuk menyimpan data, misalnya file teks .odt Open Office dan sebagainya.
  • System Data,
    Merupakan file-file yang digunakan oleh sistem Linux untuk melakukan prosesnya, misalnya file .profile, passwd atau file autoexec.bat pada DOS, dan sebagainya.
  • File Executable,
    File jenis ini berisi informasi yang dikenal komputer sebagai instruksi-instruksi. Instruksi ini lazim disebut program. File inilah yang dapat dijalankan langsung oleh user, misalnya ping, dan sebagainya.

Aturan Penamaan File

     Pada file sistem Linux dimungkinkan untuk memberi nama file hingga 256 karakter. Nama file boleh menggunakan huruf besar atau kecil (saran saya sebaiknya jangan, biar tidak disangka ababil😀 ), dan perlu diingat bahwa Linux juga membedakan antara huruf besar dan kecil. Nama file diperbolehkan menggunakan titik (.), dash (-), dan underscore (_).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s